Pilihan Untuk Mobil Bekas Dengan Mesin Turbo di Indonesia

Mempunyai mesin bertenaga besar saat ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu yang tengah tren di dunia otomotif global adalah pemakaian turbo. Mulai dari produsen Jepang, Eropa sampai Amerika menyematkan teknologi ini sebagai menambah pasokan udara yang dibutuhkan mesin agar proses pembakaran sempurna. Di pasar mobil bekas ternyata cukup banyak pilihan mobil bekas dengan mesin turbo di Indonesia.

Ada beberapa keuntungan dengan penggunaan turbo, salah satunya adalah tanaga yang lebih responsif saat putaran mesin yang cukup untuk mengaktifkan turbo. Selain itu konsumsi bahan bakar juga lebih irit sehingga tidak heran bila teknologi ini semakin diminati.
Namun teknologi mo­dern ini wajib untuk dirawat secara rutin. Sehingga ketika Anda membeli mobil bekas dengan mesin turbo, pastikan bahwa pemilik sebelumnya merawat dengan baik seperti servis rutin dan penggantian oli secara berkala.

Toyota Fortuner

BMW 320d


Tahun : 2013 - 2014
Mesin : 2.494 cc 4-silinder common-rail , 144 dk
Harga : Rp 370 – 380 juta
+: Tampilan gagah, layanan purna jual
-: Manuver,  boros BBM
Demi mengakali kecepatan putaran turbin, agar kebutuhan udara selalu terpenuhi, Fortuner pun disemati turbo. Terbukti, meski masih bermodal mesin 2.494 cc 4-silinder common-rail, kemampuan Toyota Fortuner VNTurbo melonjak sekitar 42 dk dan 85 Nm dibanding Fortuner diesel sebelumnya menjadi 144 dk dan torsi 350 Nm.
Fortuner memiliki perawakannya yang besar layaknya sebuah SUV, membuat tampilannya terlihat keren. Terlebih bila Anda membeli varian TRD Sportivo dimana aksesorisnya telah menempel pada beberapa sisi tubuhnya. Penggunaan suspensi sport racikan TRD memberikan pengendalian yang lebih asyik untuk meminimalisir gejala limbung.

Tahun : 2013 - 2014
Mesin : 1.995 cc 4-silinder Twin Turbo, 184 dk
Harga : Rp 500 – 550 juta
+: Kenyamanan, konsumsi BBM
-: Layanan purna jual, harga spare part
Mesin diesel 4-silinder 1.995 cc berteknologi TwinPower Turbo merupakan salah satu inovasi di BMW Efficient Dynamics.  Tenaganya mencapai 184 dk dengan torsi puncak 380 Nm. Untuk menyalurkan tenaga tersebut BMW menggunakan transmisi otomatis 8-speed. Untuk mengimbangi tenaga dan keiritannya, BMW memberi pengendalian yang menyenangkan, namun suspensinya terasa lembut sehingga tetap nyaman.
Eksteriornya khas akan BMW seperti kidney grille dengan 11 bilah aluminium satinated, untuk bumper depan dan sisipan bumper belakang juga telah menggunakan bahan aluminium satinated. Sementara interiornya, BMW membalut dengan kulit pada jok dengan pilihan warna beragam.

 

Isuzu Panther Grand Touring

Mercedes-Benz C250

Tahun : 2013 - 2014
Mesin : 2.500 cc 4-silinder, 86 dk
Harga : Rp 220 – 240 juta
+: Kenyamanan, konsumsi BBM, populasi
-: Fitur, pengendalian
Nama Isuzu Panther sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta diesel. Populasinya di pasar mobil bekas pun mudah ditemukan. Panther melakukan perubahan engan menaikkan kapasitas mesin menjadi 2.500 cc direct injection dan menambahkan turbocharger agar lebih agresif dan irit. Tenaganya memang tidak besar hanya 86 dk dengan torsi 191 Nm.
Tampilannya dari masa ke masa tidak banyak perubahan besar, khususnya dimens. Namun pada varian Grand Touring ada tambahan berupa garnish untuk foglamp, side step, desain pelek baru, rear combination lamp, wiper belakang dan rear view camera yang terkoneksi dengan head unit bermonitor. Interiornya pada generasi terakhir mempunyai tampilan lebih baik seperti bahan kulit pada panel pintu dan penambahan row seat locking


Tahun : 2011 - 2013
Mesin : 1.796 cc 4-silinder Turbo, 204 dk
Harga : Rp 450 - 630 juta
+: Performa mesin, fun to drive
-: Spare part, suspensi, kenya­manan
Mercedes-Benz C250 CGI mem­punyai kapasitas mesin 1.796 cc 4-silinder dengan tenaga 204 dk. Akselerasinya dari 0-100 km/jam dituntaskan dalam 8 detik. Kecepatan akselerasi tersebut selain faktor mesin juga dibantu oleh transmisi otomatis 7-speed.
Dibanding dengan generasi sebelumnya perubahan paling terlihat adalah lampu depan yang lebih lebar sedikit ke arah kap mesin. Penambahan ruang ini memberi ruang untuk fitur Intelligent Light System yang tadinya hanya ada di model lebih mahal seperti E atau S-Class. Pada interiornya perubahan lebih terlihat seperti bentuk dasbor dan layar tengah ditempatkan seperti E-Class.


Chevrolet Captiva

Proton Exora

Tahun : 2013 - 2014
Mesin : 1.998 cc 4-silinder Turbo, 163 dk
Harga : Rp 260 – 290 juta
+: Kenyamanan, transmisi, performa
-: Layanan purna jual, harga spare part
Chevrolet menggunakan teknologi turbo variabel pada Captiva untuk mengejar irit konsumsi BBM. Mesin berkapasitas 1,998 cc 4-silinder mampu menghasilkan tenaga 163 dk dengan torsi maksimum 400 Nm. Penggunaan transmisi otomatis 6-speed yang memberikan pengalaman menyenangkan ketika berkendara. Melalui teknologi AWD, pabrikan asal Amerika ini berusaha menjaga traksi di level optimal.
Perbaikan pada mapping ECU mesin menjanjikan torsi yang lebih berlimpah. Imbasnya pada aliran tenaganya lebih akomodatif untuk bobot mobil yang hampir 2 ton tersebut. Pasalnya mesin sebelumnya memang masih memiliki banyak potensi untuk dikelola untuk meningkatkan tenaga lebih.


Tahun : 2013 - 2014
Mesin : 1.561 cc 4-silinder Campro Turbo, 138 dk
Harga : Rp 140 – 150 juta
+: Fitur, harga
-: Populasi sedikit, layanan purna jual
Proton mempunyai Exora Prime dengan kapasitas mesin 1.561 Campro Turbo sebagai varian termewah. Tenaganya yang mencapai 138 dk pada 5.000 rpm dengan konfigurasi empat silinder DOHC 16 katup. Sebagai penyalur tenaganya Proton menggunakan transmisi CVT otomatis. Menurut data klaim mesin Campro Turbo Exora Prime mampu menghasilkan akselerasi 0-100 km/jam  11,3 detik.
Penerus dari Exora Star ini mempunyai perubahan yang detail. Pelek yang digunakan memiliki diameter lebih besar dibandingkan Exora Star, yaitu 16 inchi. Desain interiornya terlihat cukup mewah seperti desain dasbor tengah dan kisi-kisi AC yang dibalut dengan motif kayu dengan pernis mengilap. Fitur-fitur yang disematkan seperti, pelipatan spion secara otomatis, Turut juga tersedia kamera parkir yang menampilkan keadaan belakang melalui layar LCD yang terintegrasi pada head unit.

 

VW Golf 1.4

Mitsubishi Pajero Sport

Tahun : 2013
Mesin : 1.395 cc 4-silinder, 140 dk
Harga : Rp 420 juta
+: Fitur, akselerasi
-: Harga, layanan purna jual
Ini adalah salah satu mobil Eropa dengan teknologi turbo terkini. Menggen­dong mesin 1.395 cc 4-silinder, Volkswagen Golf lansiran 2013 telah menggunakan turbocharger untuk meng­gantikan peran supercharger pada generasi sebelumnya. Sayang, tenaganya turun 20 dk dengan torsi 250 Nm. Meskipun mengalami penurunan tenaga, VW mengklaim Golf sanggup menuntaskan 0-100 km/jam dalam waktu 8,4 detik saja.
Transmisi juga mengalami pembaruan. Terlihat pada samping tuas transmisi 7-speed DSG terdapat mode manual. Untuk rem parkir juga sudah menggunakan sistem elektrik yang disertai tombol Auto Hold untuk membantu ketika berhenti di jalan menanjak. Dari pengetesan kami posisi duduk pengemudi terasa pas terlebih dilengkapi dengan pengatur elektrik khusus bangku pengemudi. Dimensinya yang lebih besar, membuat ruang kabin menjadi lebih luas.


Tahun : 2012 - 2014
Mesin : 2.477 cc 4-silinder Turbo, 176 dk
Harga : Rp 340 – 370 juta
Berbekal mesin 2.477 cc 4-silinder dikombinasikan teknologi common-rail, turbo variabel, dan intercooler mampu menghasilkan tenaga 176 dk dan torsi 350 Nm. Dalam pengetesan kami akselerasi Mitsubishi Pajero Sport tidak terlalu buruk. Buktinya 0-100 km/jam sanggup mencapai 10,7 detik.
Pajero Sport masih menggunakan transmisi matik konvensional 5-speed dan sasis tangga yang diklaim mempunyai durabilitas tinggi. Efeknya irama mengemudi tidak sehalus pada transmisi modern seperti CVT contohnya. Belum lagi bobotnya yang mencapai hampir 2 ton sehingga mesin harus bekerja keras.


Peugeot 408


Tahun : 2012
Mesin : 1.598 cc 4-silinder Turbo, 163 dk
Harga : Rp 285 juta
+: Kenyamanan suspensi, performa
-: Populasi, fitur
Peugeot memang bukan merek terke­nal di Indonesia. Namun 408 sebagai sa­lah satu lini produk yang dijual di ta­nah air dengan spesifikasi yang tidak kalah dengan merek lainnya. Tengok saja mesin 1.598 cc 4-silinder mampu menghasilkan tenaga 163 dk dengan torsi 240 Nm. Akselerasinya juga cukup cepat dari 0-100 km/jam bisa 9,4 detik.
Fiturnya tidak terlalu banyak tetapi cukup memadai untuk pengemudi. Seperti cruise control, sensor parkir, climate control dan shiftronic. Pabrikan berlogo singa ini juga mempunyai varian 2.000 cc, sayangnya belum menggunakan teknologi turbo.

sumber : autobild.co.id

Artikel Terkait



Hoctro

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes