Icip - Icip Mazda MX-5 Terbaru di Mazda ASEAN Media Forum



Kesempatan istimewa ini kami dapatkan melalui PT Mazda Motor Indonesia untuk berkunjung ke markas utama Mazda di Hiroshima, Jepang. Itu merupakan undangan untuk turut serta dalam event bertajuk Mazda ASEAN Media Forum (24-29/8) dan Auto Bild bergabung dengan sejumlah media massa dari Asia Tenggara seperti Thailand, Kamboja, Malaysia dan Brunei Darussalam. Salah satu agendanya adalah mencoba Mazda MX-5 terbaru.

Mazda ASEAN Media Forum (MAMF) menjadi sarana bagi Mazda untuk menyampaikan beragam kabar baik yang mereka raih selama ini. Termasuk keberhasilan Mazda melalui serial SKYACTIV yang tak hanya meliputi produk tapi juga menyebar ke proses produksi.

SKYACTIV yang merupakan teknologi terintegrasi Mazda terbukti mampu mening­katkan aspek fun to drive yang selama ini merupakan ciri khas produk-produk Mazda. Namun dengan SKYACTIV, lini produk Mazda bisa kian efisien dan kencang dari generasi sebelumnya.

MAMF terdiri dari beberapa kegiatan. Selain demonstrasi pembuatan clay model MX-5 terbaru, rangkaian kegiatan juga diisi dengan kunjungan pabrik dan pengetesan MX-5. Pengetesan ini istimewa karena dilakukan di Mine Proving Ground yang merupakan salah satu trek uji coba kebanggaan Mazda.Melihat Seniman Mazda Membuat Mobil





Clay model Mazda MX-5 dengan kepresisian seperti aslinya

Selain keasyikan berkendara, faktor lain yang tak kalah penting bagi Mazda adalah keindahan bentuk. Desain mobil-mobil Mazda harus atraktif dan mampu menggetarkan hati bagi siapapun yang memandangnya. Bahkan dibanding mobil-mobil merek lain.

"Populasi Mazda hanya 5% di Jepang dan 2% di dunia, jika kami menciptakan produk yang mirip dengan brand mobil lain, maka akan menjadi masalah besar bagi kami," ujar Hidetoshi Kudo, Division General Manager Corporate Communication Mazda Motor Corporation, di kantor pusat Mazda, Hiroshima, Jepang (26/8).

Kudo-san melanjutkan, tim desainer Mazda sudah dituntut untuk membuat mobil yang tampil beda sejak merancang dan membuat model clay-nya. Kami pun diperlihatkan bagaimana seniman Mazda membuat model mobil dari tanah liat secara presisi.

Binatang cheetah adalah salah satu hal yang menginspirasi desain Mazda kontemporer. Liuk tubuh cheetah diejawantahkan melalui bentuk dan sudut-sudut mobil dengan anggun. Itu juga terlihat pada Mazda MX-5, sportscar Mazda yang masuk dalam serial terbaru generasi SKYACTIV Mazda.
Kami pun penasaran melakukan apa yang dilakukan para clay artist itu. Ternyata sangat susah. "Memahat tanah liat dengan tingkat kepresisian dan keindahan seperti itu butuh waktu belajar bertahun-tahun," ujar sang seniman menjelaskan dengan ramah.SKYACTIV di Proses Produksi


Betul bahwa SKYACTIV adalah teknologi terintegrasi yang ada di produk-produk Mazda. Namun begitu baiknya SKYACTIV, membuat efisiensi dan optimalisasi yang merupakan elemen penting SKYACTIV turut berdampak ke proses produksi.

Itu terlihat saat kami bertandang ke pabrik perakitan Mazda di Hiroshima, masih satu kompleks dengan kantor pusat Mazda. Menurut pemandu kami, efisiensi produksi juga bisa tercapai berkat proses kerja yang lebih singkat.

Misalnya proses perakitan mesin. Di mesin MX-5 yang memiliki 1.300 komponen, dengan bantuan robot para pekerja yang sudah terlatih itu mampu memproduksi mesin utuh dalam tempo 30 detik saja.

Bahkan ada beberapa anjungan yang pekerjanya mampu mengerjakan 2 tugas berbeda dengan 2 tangan dalam satu waktu. Tentu saja keahlian itu baru dicapai setelah Mazda memberikan pelatihan secara intensif.

Termasuk warna Soul Red yang merupakan kelir kebanggaan Mazda. Setelah 2 tahun Mazda mengembangkan warna ini, ketika diaplikasi pada proses pengecatan mobil mampu memotong beberapa proses sehingga lebih hemat biaya produksi.Monotsukuri: Satu komponen, Beragam Mobil





Sang legenda Mazda 787B

Museum Mazda berada di lingkungan kantor pusat Mazda di Hiroshima

Kiyotaka Shobuda, Managing Executive Officer Mazda Motor Corporation menyebutkan, Mazda menciptakan mobil secara terintegrasi dengan meramalkan kebutuhan masyarakat akan mobil selama 5-10 tahun ke depan.

Langkah ini terkait dengan proses sharing komponen yang diterapkan di mobil-mobil Mazda. Jika sebelumnya Mazda membuat 1 komponen hanya untuk 1 mobil, maka metode yang sekarang berbeda.

Di metode baru, setiap komponen itu bisa dipasang ke beragam mobil tergantung kebutuhannya. Misalnya girboks di sedan bisa dipakai di hatchback. Atau mesin di SUV bisa dipakai di sedan. Memang tidak mudah, tapi cara ini jauh lebih efisien ketimbang cara konvensional.

Merasakan MX-5 Terbaru di Sirkuit

Kegiatan yang tak kalah penting dalam MAMF adalah menguji MX-5 terbaru. Sportscar Mazda ini kami tes di Mine Proving Ground (MPG) (28/8) di kota Mine, Yamaguchi.
Harus di sirkuit karena kebijakan pemerintah Jepang memang ketat melarang pengemudi mengemudikan mobil di lalu lintas Jepang yang tak memliki SIM Jepang.

Total ada 6 Mazda MX-5 baru yang tampil dalam 3 varian yakni S, S-Package dan L-Package. Begitu pula 2 pilihan transmisi yakni manual dan otomatis. Keduanya memiliki perbandingan 6 percepatan.
Namun sejak awal panitia sudah memberitahu kami bahwa MPG yang memiliki lintasan sepanjang 3,3 km merupakan area tertutup yang banyak digunakan Mazda untuk menguji produk-produk terbaru mereka. Itu sebabnya perekaman foto dan video sangat dibatasi di trek ini.

Monenori Yamaguchi, Project Manager MX-5 Mazda Motor Corp. mengatakan, improvisasi dilakukan timnya saat mengembangkan MX-5 generasi keempat ini. Selain mengusung teknologi SKYACTIV, MX-5 baru juga semakin ringan dan dinamis.
Hampir semua elemen di MX-5 kini membaik. Selain lebih fun dan gesit, paras pun lebih cantik dibanding model sebelumnya. Tapi sabar ya karena ulasan First Drive-nya akan kami ulas di edisi mendatang.


Artikel Terkait



Hoctro

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes